Tuesday, March 22, 2016

Biasa Pakai Formulir 1770 S dan 1770 SS? Yuk, Lapor Online !

Halo ^^
Kembali update lagi. Kali ini bagi info tentang cara lapor SPT online. Awalnya saya mengira ini bakalan ribet. Ternyata enggak. Ke kantor pajaknya juga hanya sekali, yaitu saat daftar E-FIN. Jadi untuk teman- teman yang biasa melapor SPT Tahunan dan antre panjang, apalagi menjelang akhir Maret, antrean pasti membludak ya.

Sebagai solusi, teman- teman bisa melapor secara online. Praktis, tanpa antre, dan bisa dilakukan kapan saja saat senggang. Lalu, apa saja yang diperlukan agar teman- teman bisa mendapatkan E-FIN? Teman- teman hanya perlu membawa pulpen (untuk isi form), fotokopi KTP, dan fotokopi NPWP.

Formulir Aktivasi E-FIN

Setelah mengisi Formulir Aktivasi EFIN, teman- teman tinggal menyerahkan langsung ke bagian loket yang menangani E-FIN. Saat saya mendaftar tidak terlalu ramai jadi bisa cepat. Mbaknya kemudian memanggil saya dan menyerahkan selembar kertas untuk ditandatangan kemudian bagian yang berisi E-FIN diberikan kepada saya.

Langkah selanjutnya adalah mendaftar di laman DJP online dulu. Ini alamatnya :


Untuk pertama kali, daftar dulu ya :)
Teman- teman akan diminta untuk mengisi NPWP, EFIN (isikan dengan nomor yang diberikan oleh petugas), dan kode sekuriti seperti ini :

Setelah pendaftaran berhasil, kita akan dikirimkan email  untuk memverifikasi. Periksa dan pastikan dulu data yang ditampilkan sudah benar sebelum mengaktifkan akun kita. Lalu klik logo E-filing.
Klik Buat SPT yang ada di bagian kanan.

Akan muncul beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Kemudian akan muncul kotak merah yang bertuliskan SPT 1770 SS. Klik kotak itu.
SPT 1770 SS siap diisi.
Sebelum dikirim, kita wajib mengklik 'di sini' (yang di-highlight merah.) untuk mengambil kode verifikasi. Kita akan menerima kode verifikasi langsung (bisa dari nomor ponsel ataupun melalui email). Isi sesuai dengan kode yang diterima dan SPT Tahunan siap dikirim.


Nggak ribet, kan? Malah jauh lebih mudah karena bisa kita lakukan di rumah atau pun di kantor. Itu saja informasi yang bisa saya bagi. Semoga membantu :)

No comments:

Post a Comment