Thursday, November 17, 2016

Wisata Alam Kalibiru


Liburan ke Jogja belum lengkap rasanya kalau belum main ke Kalibiru. Kalibiru terletak di Kabupaten Kulon Progo, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata alam Kalibiru sangat memanjakan mata pengunjung. Dari ketinggian, pengunjung dapat melihat Waduk Sermo yang membentang luas berlatar langit biru yang indah.


Untuk tiket masuk Kalibiru cukup terjangkau, Rp 5.000,- per orang dan tiket spot fotonya beragam, tergantung spot yang teman- teman pilih. Karena kesorean sampai di sana – kami tiba di sana hampir jam tiga sore, dan itu pun antreannya sedang penuh, kami mendapatkan spot foto 2, tiketnya seharga Rp 10.000,- per orang belum termasuk jasa fotonya.


Setelah membeli tiket, kami pun ikut mengantre. Kalau tidak mengantre ya sayang kan sudah sampai di sana hanya melihat dari jauh. Foto sendiri hasilnya backlight. Jadi kami memercayakan dokumentasi kami kepada abang tukang foto. Kalau nggak salah, satu lembar foto biayanya Rp 5.000,- dan ada minimal fotonya. Karena kantong kami sudah kekeringan karena kalap berbelanja di Borobudur, kulineran,  dan masih harus bertahan sampai malam hingga menjumpai mesin ATM *di perjalanan sibuk mencari minimarket yang ada ATMnya* (jangan ditiru karena ini bukan tipe traveler yang baik ;p), kami memilih paket yang paling hemat. Sekali foto langsung bertiga ^^


behind the scene *berasa model*
Ada satu teman kami yang tidak ikut naik, jadi saya minta bantuin untuk foto- foto. Lumayanlah ada bagian behind the scene-nya, berasa model. He he.. Bagi teman- teman yang senang berfoto, saya sarankan agar sebelum foto touch up  dulu ya. Soalnya kami yang sudah seharian keliling ke Borobudur (arahnya timur dan barat dengan Kalibiru) dan jalan ke Gedung Merpati, wajah kami sudah puas terjemur matahari, sudah letih, plus  bedak sudah luntur. Sisi positifnya adalah warna kulit wajah saya sudah terlihat eksotis. Yihaa..


Ngomong- ngomong, untuk mencapai Kalibiru butuh perjuangan. Kami tidak diantar driver hingga pintu masuk melainkan diantar hingga pangkalan ojek. Ya, kami harus naik ojek lagi baru bisa sampai ke atas. Kata Mbaknya kalau naik mobil bahaya karena curam. Awalnya kami ragu namun karena sudah sampai setengah masak nggak jadi naik. Ayuk aja lah. Biaya per orang Rp 35.000,- pulang pergi, itu pun sudah kami tawar dan harga tidak bisa kurang lagi. Mbaknya kemudian memberi saya nomor WA agar bisa dihubungi bila kami sudah siap.

Perjalanannya bikin adrenalin naik turun. Seperti naik roller coaster pribadi. Jalannya naik turun dan berkelok- kelok. Jadi itu motor saya pegangi erat- erat, takut terhempas karena tukang ojeknya mengendarai dengan kecepatan tinggi. Tapi sensasinya luar biasa. Anginnya begitu segar. Pemandangannya langsung terlihat semua karena tidak terhalang kaca mobil. Worthed. Teman saya ada yang langsung pucat begitu sampai dan ketika hendak pulang juga jadi dag dig dug dianya.

Sesampainya kami di tempat parkir pangkalan ojek, dengan santainya driver bertanya kok kami sudah turun padahal tanggung kan bisa sunset di atas. Kami yang tidak tahu apa- apa hanya bisa merelakan sunset yang seharusnya bisa kami nikmati dari Kalibiru :(
agak berkabut menjelang jam lima sore. 

Jadi teman- teman, tips buat kalian yang ingin main ke Kalibiru :
1.       Pastikan cuaca cerah karena kalau mendung pastinya keseruannya berkurang (dan ingat juga perjalanan menuju Kalibirunya).
2.       Lebih baik datang siang – jangan kesorean seperti kami – karena selain antreannya panjang juga tidak semua spot buka hingga sore. Kalau ingin mendapat spot yang kece, datanglah lebih awal.
3.       Sebelum berangkat ke Kalibiru, tanyakan terlebih dahulu kepada driver apakah teman- teman akan diantar hingga sampai di pintu masuknya atau teman- teman hanya diturunkan di pangkalan ojek.
4.       Apabila teman- teman khawatir menunggu terlalu lama dan lapar, tidak usah cemas. Di Kalibiru tersedia warung dan pondok makan. Teman- teman bisa makan sembari menunggu giliran difoto.


Inilah sedikit catatan perjalanan singkat ke Kalibiru. Singkat tapi memberi kesan dan pengalaman yang seru. Happy traveling ^^

No comments:

Post a Comment