Tuesday, March 22, 2016

Biasa Pakai Formulir 1770 S dan 1770 SS? Yuk, Lapor Online !

Halo ^^
Kembali update lagi. Kali ini bagi info tentang cara lapor SPT online. Awalnya saya mengira ini bakalan ribet. Ternyata enggak. Ke kantor pajaknya juga hanya sekali, yaitu saat daftar E-FIN. Jadi untuk teman- teman yang biasa melapor SPT Tahunan dan antre panjang, apalagi menjelang akhir Maret, antrean pasti membludak ya.

Sebagai solusi, teman- teman bisa melapor secara online. Praktis, tanpa antre, dan bisa dilakukan kapan saja saat senggang. Lalu, apa saja yang diperlukan agar teman- teman bisa mendapatkan E-FIN? Teman- teman hanya perlu membawa pulpen (untuk isi form), fotokopi KTP, dan fotokopi NPWP.

Formulir Aktivasi E-FIN

Setelah mengisi Formulir Aktivasi EFIN, teman- teman tinggal menyerahkan langsung ke bagian loket yang menangani E-FIN. Saat saya mendaftar tidak terlalu ramai jadi bisa cepat. Mbaknya kemudian memanggil saya dan menyerahkan selembar kertas untuk ditandatangan kemudian bagian yang berisi E-FIN diberikan kepada saya.

Langkah selanjutnya adalah mendaftar di laman DJP online dulu. Ini alamatnya :


Untuk pertama kali, daftar dulu ya :)
Teman- teman akan diminta untuk mengisi NPWP, EFIN (isikan dengan nomor yang diberikan oleh petugas), dan kode sekuriti seperti ini :

Setelah pendaftaran berhasil, kita akan dikirimkan email  untuk memverifikasi. Periksa dan pastikan dulu data yang ditampilkan sudah benar sebelum mengaktifkan akun kita. Lalu klik logo E-filing.
Klik Buat SPT yang ada di bagian kanan.

Akan muncul beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Kemudian akan muncul kotak merah yang bertuliskan SPT 1770 SS. Klik kotak itu.
SPT 1770 SS siap diisi.
Sebelum dikirim, kita wajib mengklik 'di sini' (yang di-highlight merah.) untuk mengambil kode verifikasi. Kita akan menerima kode verifikasi langsung (bisa dari nomor ponsel ataupun melalui email). Isi sesuai dengan kode yang diterima dan SPT Tahunan siap dikirim.


Nggak ribet, kan? Malah jauh lebih mudah karena bisa kita lakukan di rumah atau pun di kantor. Itu saja informasi yang bisa saya bagi. Semoga membantu :)

Saturday, March 12, 2016

Subtitle Tidak Muncul Saat Mau Nonton?

Annyeonghaseyo !!

Sudah lama banget ya nggak update, secara tidak sempat plus bingung juga mau update apa. Mau review drama, sedang tidak mood. Dikarenakan belakangan ini saya lebih sering mengunduh drama secara online, saya jadi kepikiran untuk sharing soal masalah yang kadang muncul saat saya mau menonton hasil unduhan drama di televisi.

Sebagian besar teman- teman saya menonton drama lewat laptop atau gadget  yang lain. Tapi untuk saya yang menonton bareng Mama dan lebih nyaman kalau bisa nonton sambil tiduran *ketahuan malesnya*, menonton drama dari televisi menjadi pilihan yang paling pas. Tinggal copy file ke flashdisk lalu hubungkan ke receiver, maka drama siap ditonton.

Masalah muncul saat subtitle tidak keluar padahal saat saya putar di laptop, keluar terjemahannya. Bingung juga kan. Setelah saya utak- atik dan coba- coba, berhasil..hore !! *nyanyi ala Dora*

Oke, kembali ke topik. Jadi cara untuk memunculkan teksnya itu – menurut saya – cukup gampang.



Pertama- tama, ubah dulu format sub dari .srt menjadi .txt

Kemudian, buka file tadi. Sejauh yang saya lihat, sub tidak muncul karena pengaruh tanda minus yang ada di awal sub. Entah memang pengaruh minusnya atau sok- sok pintar saya saja ya. Ha ha..

Lalu, minusnya dibuang dan ganti jadi 0:00:01,092 (angka lain pun boleh asal detiknya jangan melebihi detik di sebelah kanan, nanti malah nggak keluar lagi)

Jangan lupa untuk mengganti kembali format .txt menjadi .srt

Sesederhana itu teman- teman ^^ Segitu saja sih hasil eksperimen saya. Ah ya, sekadar info lagi bagi teman- teman yang ingin menonton film atau drama hasil unduhan di TV tapi usb port di TV belum support jenis filenya (pengalaman juga sih, satu TV bisa keluar gambarnya tapi sub tidak keluar, satu lagi sama sekali tidak bisa dibuka), teman- teman bisa menggunakan media player tambahan. Kalau saya pakainya  Xtreamer Bien 2, dikasih sama adek sebelum berangkat ngekos.

Itu dia info singkat yang bisa saya share di postingan ini. Semoga bermanfaat ya. Kalau teringat lagi, akan saya bagikan lagi. He he.. Selamat mencoba dan selamat menonton :D